Ajang kesenian tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud pentas kesenian, pelestarian, pelindungan dan pengembangan kebudayaan akan kembali digelar di Tahun 2019 ini. Mengangkat tema Bayu Pramana (Memuliakan Sumber Daya Angin) Pesta Kesenian Bali XLI akan digelar sebulan lamanya di Tingkat Provinsi Bali bulan Juni s/d Juli mendatang dengan berbagai pementasan, pagelaran, parade maupun lomba. Mengacu pada tema yang sama Kabupaten Karangasem terlebih dahulu akan menyelenggarakan Pesta Kesenian Bali Tingkat Kabupaten pada tanggal 3 s/d 4 Juni 2019 bertempat di Taman Budaya Chandra Buana. Selama dua hari pelaksanaan akan digelar berbagai Lomba dan Parade guna menyaring potensi-potensi juara yang akan mewakili Kabupaten Karangasem di ajang PKB Tingkat Provinsi, khususnya dalam bidang nyastra dan lomba bidang kewanitaan. Selain lomba juga akan dilaksanakan ujicoba Sekaa Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Anak-anak dan Sekaa Baleganjur duta Kabupaten Karangasem di ajang PKB XLI Provinsi Bali. Secara lengkap jadwal pelaksanaan adalah sebagai berikut :

Senin, 3 Juni 2019 :

  1. Pembukaan PKB digelar pada pagi hari sekitar jam 09.00 Wita
  2. Lomba Nyastra yang terdiri dari Lomba Macecimpedan Tk. SD, Lomba Masatua Bali Tk. SD, Lomba Nyurat Aksara Bali Tk. SMP, Lomba Pidarta Basa Bali Tk. SMP, Lomba Menulis Cerpen Bahasa Bali Tk. SMA/SMK, Lomba Membaca Berita Televisi Berbahasa Bali Tk. SMA/SMK dan Lomba Membaca Lontar Tk. SMA/SMK.
  3. Parade Gong Kebyar : “Sekaa Gong Kebyar Dewasa Semara Wijaya, Br. Bengkel, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis dengan Sekaa Gong Anak-Anak Panji Semara Giri, Desa Padangaji, Kecamatan Selat. Parade ini berlangsung pada pukul 19.00 Wita s/d selesai.

Selasa, 4 Juni 2019 :

  1. Workshop Kewanitaan (09.00 Wita – selesai).
  2. Penutupan PKB pada pukul 19.00 Wita yang dimeriahkan dengan ujicoba Sekaa Baleganjur Komunitas Seni Wasesa Ananta, Kecamatan Karangasem.
  3. Hiburan lawak Celekontong Mas