Setelah melalui tahapan panjang, 3 (tiga) Karya Budaya Karangasem yakni Cakepung Budhakeling, Penting dan Usaba Dimel Desa Adat Selat berhasil ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2019. Sebelumnya pada awal tahun 2019 pengusulan diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya bersama 14 usulan lainnya dari Kabupaten/Kota se-Bali. Melalui 3 tahapan verifikasi hingga lolos untuk disidangkan pada Sidang Penetapan WBTBI pada bulan Agustus 2019.

Pada tahapan Sidang dengan 12 Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Nasional terdapat 379 karya budaya se-Indonesia yang lolos pada tahapan sidang. Selama 4 hari Tim melaksanakan sidang untuk menyeleksi Karya Budaya yang pantas untuk ditetapkan berdasarkan kriteria dan kategori.  Dari hasil sidang tersebut berhasil menetapkan 276 karya budaya sebagai WBTbI termasuk didalamnya 16 karya budaya asal Provinsi Bali yakni 3 adalah milik Kabupaten Karangasem, yakni Cakepung Budhakeling, Penting dan Usaba Dimel Desa Adat Selat. Penganugerahan sertifikat secara umum diberikan kepada perwakilan masing-masing Provinsi yang diterima oleh Bapak Wakil Gubernur Bali pada tanggal 8 Oktober 2019 di Istora Senayan, pada ajang Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang disinkrunkan dengan berbagai kegiatan budaya. Selanjutnya Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menyerahkan sertifikat tersebut kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten/Kota untuk bisa diserahkan kepada pelaku budayanya.

Penetapan terhadap Karya Budaya Karangasem ini bukanlah tujuan akhir namun merupakan permulaan untuk terus bisa melakukan pelindungan, pelestarian dan pemanfaatan terhadap karya-karya budaya daerah yang rentan diklaim maupun ditiru.