KARANGASEM, POS BALI – Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memberi penghargaan kepada 8 orang seniman tua di Karangasem yang sudah tersohor dengan karya-karya seninya. Penghargaan itu diberikan sebagai upaya perhatian pemerintah atas eksistensi seniman tua yang selama ini melahirkan karya-karya seni dan menjaga kelestarian seni budaya Bali, khususnya seni budaya di Kabupaten Karangasem.

Adapun seniman yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain, Gede Dangin Sukerti (seniman tabuh), I Nyoman Jata (seniman sastra), I Wayan Wija (seniman tabuh), I Made Giur Dipta (seniman sastra), I Wayan Beneh (seniman sastra), I Ketut Sadhi (seniman Sastra), I Nyoman Putra Suadnyana (seniman sastra), dan I Gusti Gede Padang (seniman tabuh).

Penghargaan diserahkan Bupati Mas Sumatri di Stadion Gunung Agung di Jalur 11, Kamis (9/6) kemarin. Pemberian hadiah kepada para seniman tersebut juga sebagai tanda dibukanya Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Karangasem atau Pra-PKB yang ke-38. Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Wayan Artha Dipa, pimpinan DPRD, Forkopimda, para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem dan masyarakat.

Ketua Umum Panitia Pelaksanaan PKB Kabupaten Karangasem, I Made Sujana Erawan menjelaskan,  PKB tingkat kabupaten kali ini memberikan uang penghargaan senilai masing-masing 3 juta rupiah kepada 8 seniman dari delapan kecamatan di Kabupaten Karangasem. Hal ini merupakan wujud apresiasi dan kepedulian pemerintah daerah atas pengabdian dan kerja keras kepada para Pengabdi Seni dalam melahirkan dan melestrikan karya-karya seni.

Made Sujana menambahkan Pesta Kesenian Bali di Kabupaten Karangasem akan diselenggarakan selama 3 hari dengan berbagai lomba diantaranya lomba busana, lomba membuat gebogan dan janur, workshop makanan, workshop tata rias dan lomba Nyastra. “Semoga dengan pelaksanaan Kegiatan Pesta Kesenian Bali ini akan dapat mendorong, memelihara, melestarikan dan mengembangkan kreatifitas seni budaya yang selaras dengan kepribadian bangsa”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Mas Sumatri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan tema Pesta Kesenian Bali (PKB) kali ini yakni “Karang Awak”(Mencintai Tanah Kelahiran) sebagai acuan bersama bagi seniman kita untuk selalu mengisi diri, sehingga dapat menciptakan karya seni yang inovatif dalam rangka menambah keragaman seni budaya Bali.

Bupati Mas juga menekankan kepada para seniman yang akan berpartisipasi pada kegiatan PKB di tingkat provinsi, agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. “Melalui ajang Pesta Kesenian Bali ini, mari kita tunjukkan bahwa Karangasem juga memiliki seniman-seniman yang berkompeten dan mampu bersaing dengan kabupaten/kota yang lain di Bali”, ungkapnya. 017/ADV

Sumber : posbali