Project Description

Desa Pakraman Ababi

Desa Ababi, Kecamatan Abang

Banjar Adat Gunaksa
Banjar Adat Ababi
Banjar Adat Tanah Lengis
Banjar Adat Umanyar
Banjar Adat Bias
Banjar Adat Sadimara
Banjar Adat Tukad Bungbung
Banjar Adat Pikat
Banjar Adat Besang
Banjar Adat Kuhum
Banjar Adat Abianjero
Banjar Adat Pande
Banjar Adat Tumpek

Desa Pakraman Ababi berada di wilayah Kedesaan Ababi, Kecamatan Abang dengan luas wilayah 1.060.535 Hektar. Secara geografis memiliki batas-batas wilayah :

  • sebelah utara : Desa Pidpid
  • sebelah selatan : Kelurahan Padangkerta
  • sebelah barat : Desa Budakeling dan Desa Buana Giri
  • sebelah timur : Desa Tiyingtali

Pada akhir tahun 2017 tercatat jumlah penduduk 10.723 jiwa dengan jumlah masing-masing 5.426 jiwa laki-laki dan 5.297 jiwa perempuan. Mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian sebagai petani mengelola lahan pertanian yang menghasilkan padi, jagung dan cabai serta lahan perkebunan dengan tanaman unggulan kelapa. Selain petani penduduk juga berprofesi sebagai pedagang, tukang batu, penjahit dan PNS.

Tradisi budaya berdampingan dengan kehidupan adat istiadat masyarakat. Berbagai upacara/ritus diselenggarakan di Pura Kahyangan Desa yang dimiliki sebagai rasa syukur seperti Usaba Dodol, Usaba Goreng, Usaba Kedasa, Usaba Kapitu dan Usaba Kawolu.

Tradisi yang masih tetapĀ  dipertahankan dari generasi ke generasi berikutnya seperti pelaksanaan Nyepi Luh dan Nyepi Muani disamping Nyepi Nasional. Keunikan pelaksanaannya yang mengangkat nilai persamaan gender. Selain itu salah satu tradisi yang mungkin tidak bisa ditemui di desa lain adalah Pelebon Jero Ketut atau ngaben tikus. Tradisi ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali yang telah termuat dalam ilikita desa yang memiliki tujuan untuk menghilangkan hama tikus yang mengganggu di sawah. Proses ngaben tikus ini dilaksanakan layaknya ngaben manusia di Bali karena masyarakat Desa Ababi percaya adanya reinkarnasi (kehidupan kembali) sehingga melalui proses ngaben tikus bisa reinkarnasi menjadi manusia.

Diluar keunikan tradisi budaya dan kentalnya adat istiadat, Desa Ababi juga memiliki potensi wisata yakni Obyek Daya Tarik Wisata Tirtagangga yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Dengan sumber mata air yang besar dan melimpah memberikan kesuburan terhadap lahan pertanian yang menjadikan Desa Ababi desa agraris.

Desa Pakraman Lainnya