Project Description

Desa Pakraman Basangalas

Desa Tribuana Kecamatan Abang

Banjar Adat Basangalas Kangin
Banjar Adat Basangalas Kawan

Desa Pakraman Basangalas berada dalam wilayah kedesaan Tri Buana, Kecamatan Abang dengan luas wilayah ± 150 Ha, memiliki batas-batas wilayah :

  • sebelah utara : Desa Purwayu
  • sebelah selatan : Desa Tuminggal
  • sebelah barat : Desa Tiyingtali
  • sebelah timur : Desa Gamongan

Berpenduduk sejumlah ± 500 kepala keluarga dengan jumlah masing-masing penduduk laki-laki sejumlah 820 jiwa dan perempuan 851 jiwa. Memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan menjadikan sebagian besar masyarakat Desa Basangalas bermatapencaharian sebagai petani sawah dan ladang. Areal sawah ditanami padi sedangkan ladang atau kebun ditanam kelapa dan buah-buahan seperti durian, rambutan dan lainnya. Selain sebagai petani penduduk juga ada yang berprofesi sebagai pengerajin anyaman bambu menjadi tokasi (tempat sesajen). Sebagian penduduk juga bekerja pada bidang pertukangan.

Lazimnya desa pakraman lainnya, Desa Basangalas juga memiliki Kahyangan Tiga yang diempon oleh krama desa seperti Pura Puseh, Pura Baleagung dan Pura Dalem.

Kehidupan adat dan budaya masih kental terlihat di Desa Basangalas, pada saat upacara agama dipentaskan tari pendet serta tari rejang desa, dengan iringan gamelan gambang yang ditabuh setiap kali piodalan di Pura Puseh dan Baleagung.

Selain seni dan budaya, Desa Basangalas juga memiliki situs tinggalan arkeologi dari zaman batu (megalitikum) yang masih dijaga sampai saat ini, yakni Pura Kayu Sakti, Pura Ponjok Batu dan Pura Dalem Basangalas.

Desa Pakraman Lainnya