Project Description

Desa Pakraman Bebandem

Desa Bebandem Kecamatan Bebandem

Banjar Adat Tihingan Kauh
Banjar Adat  Tihingan Tengah
Banjar Adat Tihingan Kangin
Banjar Adat Kayu Putih
Banjar Adat Pande Tunggak
Banjar Adat Desa
Banjar Adat Tengah Bebandem
Banjar Adat Nagasari
Banjar Adat Dukuh

Desa Pakraman Bebandem berada di wilayah perbekelan Bebandem Kecamatan Bebandem dengan luas wilayah 10.898,92 ha. Secara geografis batas – batas desa :

  • Sebelah Utara : Banjar Pangleg
  • Sebelah Selatan : Desa Pakraman Kastala dan Jungsri
  • Sebelah Barat : Tukad Dalem
  • Sebelah Timur : Desa Pakraman Liligundi

Berpenduduk sekitar 9.892 jiwa dengan masing – masing jumlah penduduk laki – laki sebanyak 4.928 jiwa dan perempuan 4.964 jiwa dengan sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai Petani, PNS, TNI/Polri dan swasta. Masyarakat mengelola lahan pertanian, perkebunan dan kerajinan. Di bidang pertanian  dengan tanaman unggulan Padi dan Palawija. Sedangkan di bidang perkebunan berupa kelapa, salak dan coklat. Selain itu wilayah desa pakraman Bebandem memiliki potensi kerajinan berupa anyaman bamboo dan ate.

Lazimnya desa pakraman memiliki parhyangan yang diempon oleh Desa Pakraman bebandem seperti Pura Puseh, Pura Bale Agung, Pura Desa maupun Pura Dalem yang diselenggarakan Aci/Upacara Agama pada setiap piodalannnya.

Pada Kehidupan adat, budaya dan agama masyarakat Desa Pakraman Bebandem masih kental melaksanakan adat istiadat yang diatur dalam awig – awig desa. Tradisi yang terus berkembang di desa pakraman ini yakni metigtig papah biu.

Desa Pakraman Lainnya