Project Description

Desa Pakraman Bebayu

Desa Labasari Kecamatan Abang

Banjar Adat Bebayu

Desa Pakraman Bebayu berada di wilayah Kedesaan Labasari, Kecamatan Abang dengan luas wilayah mencapai ± 400 Ha. Secara geografis batas-batas wilayah desa :

  • sebelah utara : Desa Pakraman Peselatan
  • sebelah selatan : Desa Pakraman Culik
  • sebelah barat : Desa Pakraman Culik
  • sebelah timur : pantai/laut

Pada akhir tahun 2017 tercatat jumlah penduduk sebanyak 186 kepala keluarga dengan jumlah penduduk laki-laki 282 jiwa dan perempuan 318 jiwa. Wilayah desa yang dekat dengan pantai membuat sebagian warga berprofesi sebagai nelayan dengan memanfaatkan hasil laut dan ada juga sebagai petani sawah maupun ladang/kebun. Dari lahan pertanian dihasilkan kacang, jagung dan ketela sementara ladang/kebun menghasilkan kelapa dan daun lontar. Selain nelayan dan petani ada juga warga yang berprofesi sebagai pengerajin ukir kayu, ukir paras, membuat inka serta menjarit.

Lazimnya desa pakraman di Bali, Desa Pakraman Bebayu juga memiliki Pura Kahyangan Desa yang diempon serta diselenggarakan piodalan/upacara agama seperti Pura Puseh dan Pura Dalem. Kesenian dan adat selalu hidup berdampingan dimana pada setiap upacara/aci yang dilaksanakan akan selalu diiringi dengan tarian upacara seperti tari rejang, tari pendet dan diiringi oleh gamelan baleganjur atau gong gede.

Desa Pakraman Lainnya