Project Description

Desa Pakraman Bugbug

Desa Bugbug Kecamatan Karangasem

Banjar Adat Geria
Banjar Adat Puseh
Banjar Adat Bancingah
Banjar Adat Madia
Banjar Adat Dharma Laksana
Banjar Adat Segaa
Banjar Adat Celuk Kangin
Banjar Adat Celuk Kauh
Banjar Adat Dukuh Tengah
Banjar Adat Baruna
Banjar Adat Samuh
Banjar Adat Bukit Asah

Desa Pakraman Bugbug  berada di wilayah Perbekelan Bugbug  Kecamatan Karangasem, memiliki luas wilayah 815 ha/m2. Secara geografis batas – batas desa :

  • Sebelah Utara : Desa Bungaya (Batu Kuek)
  • Sebelah Selatan : Laut
  • Sebelah Barat : Desa Nyuhtebel kec. manggis
  • Sebelah Timur : Desa Pertima (perasi)

Berpenduduk sekitar 3.625 Kepala Keluarga (KK)/13.130 jiwa dengan masing – masing jumlah penduduk laki – laki sebanyak 6.669 jiwa dan perempuan 6.641 jiwa dengan sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai Petani, Pedagang, Buruh, PNS, TNI/Polri dan swasta. Masyarakat mengelola lahan pertanian, perkebunan, Wisata dan kerajinan. Di bidang pertanian  dengan tanaman unggulan Padi dan Palawija. Dibidang perkebunan dengan tanaman unggulan kelapa, pisang dan kacang tanah. Selain itu wilayah Desa Pakraman Bugbug memiliki potensi wisata pantai pasir putih dan bukit asah. Masyarakatnya juga mengelola kerajinan dari anyaman bambu.

Lazimnya desa pakraman memiliki parhyangan yang diempon oleh Desa Pakraman Bugbug, seperti Pura Puseh, Pura Bale Agung, Pura Desa maupun Pura Dalem yang diselenggarakan Aci/Upacara Agama pada setiap piodalannnya.

Pada Kehidupan adat, budaya dan agama masyarakat Desa Pakraman Bugbug masih kental melaksanakan adat istiadat yang diatur dalam awig – awig desa. Tradisi yang masih dilaksanakan sampai saat ini di Desa Pakraman Bugbug yakni Tradisi Metigtig (Papah Biu) yang dilaksanakan di Pura Bale Agung setiap soma kliwon wariga.

Desa Pakraman Lainnya