Project Description

Desa Pakraman Culik

Desa Kerta Mandala Kecamatan Abang

Banjar Adat Tegallinggah
Banjar Adat  Kangkaang
Banjar Adat Kebon

Desa Pakraman Culik berada pada wilayah Desa Culik, Kecamatan Abang yang secara geografis memiliki batas-batas :

  • sebelah utara : Desa Pakraman Bebayu
  • sebelah selatan : Desa Pakraman Sega, Gulinten, Linggawana
  • sebelah barat : Desa Pakraman Datah
  • sebelah timur : Selat Bali

Jumlah penduduknya 3.152 kepala keluarga dengan masing-masing jumlah laki-laki 5.652 jiwa dan perempuan 5.555 jiwa pada tahun 2017. Mata pencaharian penduduknya beragam sebagai petani dengan memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan, pedagang, pengusaha, karyawan swasta maupun PNS. Lahan pertanian dengan potensi tanaman jagung, padi dan ketela rambat, sedangkan lahan perkebunan menghasilkan kelapa, mangga dan pohon lontar.

Tradisi, adat dan budaya hidup berdampingan dan berkembang sangat baik di Desa Pakraman Culik, hal ini dapat dilihat dari perayaan piodalan yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Desa seperti Usaba Dangsil (bentuk sujud syukur atas kesuburan hasil pertanian), Usaba Emping, Usaba Ayu, Usaba Dalem dan lainnya. Disamping itu dalam setiap penyelenggaraan Usaba juga dipentaskan tarian-tarian pengiring upacara seperti Tari Rejang Lilit, Rejang Dewa, Pendet Lanang/Istri, Daratan, Tari Baris Presi, Baris Dadap, Tari Lelancang dan Tari Panah.

Desa Pakraman Culik juga nyungsung Barong yang diyakini sering menolong dan melindungi warga dari marabahaya. Warga yang menarikan pun harus keturunan wangsa brahmana jika tidak ingin hal-hal buruk terjadi di desa.

Desa Pakraman Lainnya