Project Description

Desa Pakraman Kedampal

Desa Datah Kecamatan Abang

Banjar Adat Kedampal

Desa Pakraman Kedampal berada dalam wilayah Desa Datah, Kecamatan Abang yang luas wilayahnya tidak diketahui secara pasti. Secara geografis memiliki batas-batas desa :

  • sebelah utara : Desa Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu
  • sebelah selatan : Desa Kesimpar, Tista, Kerta Mandala, Culik
  • sebelah barat : Gunung Agung, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem
  • sebelah timur : Selat Lombok

Jumlah penduduk yang tercatat sampai dengan akhir tahun 2017 sebanyak 514 kepala keluarga dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 1.016 jiwa dan perempuan sebanyak 1.029 jiwa. Warga Desa Pakraman Kedampal hampir semua berprofesi sebagai petani dengan memanfaatkan lahan pertanian yang menghasilkan jagung dan ubi serta lahan perkebunan dengan potensi tanaman kelapa, nangka dan mangga.

Kehidupan masyarakat diatur oleh awig-awig desa meskipun belum tertulis atau masih bersifat lisan namun tetap digunakan sebagai pedoman menjalankan kehidupan adat dan agama. Seperti lazimnya desa lain, Desa Pakraman Kedampal juga memiliki Pura Kahyangan Desa yang diempon dan diselenggarakan aci-aci atau piodalan seperti Usaba Dalem di Pura Dalem, Usaba Paruman di Pura Puseh. Potensi kesenian yang berkembang di Desa Kedampal antara lain Rejang dan Pendet yang selalu ditarikan mengiringi upacara-upacara agama, gamelan Selonding dan Gong Gede serta pesantian.

Desa Pakraman Lainnya