Project Description

Desa Pakraman Kesimpar

Desa Abang Kecamatan Abang

Banjar Adat Abang Kaler
Banjar Adat  Abang Kelod
Banjar Adat Abang Jeroan
Banjar Adat Kihkian
Banjar Adat Waliang

Desa Pakraman Kesimpar berada di wilayah beberapa desa jika dilihat dari sebaran Banjar Adatnya yakni Desa Abang, Desa Pidpid, Desa Nawa Kerti dan Desa Kesimpar dengan batas -batas wilayah meliputi :

  • sebelah utara : Desa Datah dan Tista
  • sebelah selatan : Desa Ababi dan Tiyingtali
  • sebelah barat : Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem
  • sebelah timur : Desa Tri Buana

Berpenduduk ± 4.826 kepala keluarga yang tercatat sampai akhir tahun 2017 dengan jumlah penduduk laki-laki 8.341 jiwa dan perempuan 7.858 jiwa. Kehidupan masyarakat ditunjang dari penghasilan sebagai petani dan peternak. Mengelola lahan basah / pertanian dengan tanaman unggulan berupa padi dan palawija serta lahan perkebunan dengan pohon kelapa dan buah-buahan, namun ada pula penduduk yang berprofesi sebagai pengerajin ukir/pahat dan juga pengerajin batu.

Kehidupan masyarakat secara adat diatur oleh awig-awig desa yang sudah tertulis termasuk pada urusan agama dalam melaksanakan aci/piodalan di masing-masing pura kahyangan desa yang dimiliki seperti Usaba Dodol/Usaba Wai, Usaba Dangsil dan Usaba Kelima di Pura Puseh.

Potensi kesenian yang berkembang di Desa Kesimpar adalah gamelan gambang, tambur, angklung, gender batel, baleganjur, gong gede dan jenis tarian sebagai mengiringi pelaksanaan upacara seperti rejang daha yang dipentaskan setiap kuningan serta baris upacara.

Desa Pakraman Lainnya