Project Description

Desa Pakraman Seraya

Desa Seraya Kecamatan Karangasem

Banjar Adat Celagi
Banjar Adat  Dlod Sema
Banjar Adat Peninggaran
Banjar Adat Ijo Gading
Banjar Adat Pauman
Banjar Adat Kaler
Banjar Adat Bena
Banjar Adat Yehkali
Banjar Adat Tenggang
Banjar Adat Belubuh
Banjar Adat Taman
Banjar Adat Gambang
Banjar Adat Kecag Balung

Desa Pakraman Seraya berada di wilayah Perbekelan Seraya  Kecamatan Karangasem, memiliki luas wilayah 11.271,975 M2. Secara geografis batas – batas desa :

  • Sebelah Utara : Bukit Buwar – Buwaran, Gunung Abang
  • Sebelah Selatan : Laut (selat Lombok)
  • Sebelah Barat : Lebah, Jumenang, Ujung
  • Sebelah Timur : Sungai Batu Manak

Berpenduduk sekitar 6.164 Kepala Keluarga (KK) dengan masing – masing jumlah penduduk laki – laki sebanyak 11.830 jiwa dan perempuan 11.638 jiwa dengan sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai Petani, Berkebun, Pedagang, Buruh, PNS, TNI/Polri dan swasta. Masyarakat mengelola lahan pertanian, perkebunan, Wisata dan kerajinan. Di bidang pertanian  dengan tanaman unggulan Padi dan Palawija. Selain itu masyarakatnya juga membuat kerajinan dari ata dan rontal.

Lazimnya desa pakraman memiliki parhyangan yang diempon oleh Desa Pakraman Seraya, seperti Pura Puseh, Pura Bale Agung, Pura Desa maupun Pura Dalem yang diselenggarakan Aci/Upacara Agama pada setiap piodalannnya.

Pada Kehidupan adat, budaya dan agama masyarakat Desa Pakraman Seraya masih kental melaksanakan adat istiadat yang diatur dalam awig – awig desa. Tradisi yang masih dilaksanakan sampai saat ini di Desa Pakraman Seraya yakni Gebug Ende yang dilaksanakan setiap ada upacara di desa Seraya/ sesuai kebutuhan.

Desa Pakraman Lainnya