Project Description

Desa Pakraman Tista

Desa Tista Kecamatan Abang

Banjar Adat Magetelu
Banjar Adat  Tista Pasek
Banjar Adat Tista Gede
Banjar Adat Tista Tengah
Banjar Adat Batumadeg
Banjar Adat Ancut

Desa Pakraman Tista, kedesaan Tista, Kecamatan Abang dengan luas wilayah ± 690,449 Ha  secara geografis memiliki batas-batas wilayah :

  • sebelah utara : Desa Kertha Mandala
  • sebelah selatan : Desa Abang
  • sebelah barat : Desa Kesimpar
  • sebelah timur : Desa Tri Buana

Jumlah penduduk 6002 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 3083 jiwa dan perempuan 2919 jiwa. Wilayah desa sebagian merupakan areal persawahan dan perkebunan sehingga mata pencaharian penduduk kebanyakan sebagai petani selain juga sebagai peternak dan pengerajin. Areal sawah menghasilkan padi, ketela rambat dan jagung yang ditanam secara bergantian, sedangkan perkebunan berpotensi pada tanaman kelapa dan buah-buahan seperti durian, nangka, rambutan dan lainnya. Masyarakat Desa Pakraman Tista juga hidup dari hasil kerajinan seperti ukiran dan kerajinan alat gamelan khususnya kendang.

Kehidupan adat dan budaya masih tetap dipegang teguh oleh masyarakat, pada setiap segi kehidupan diatur penuh oleh awig-awig desa yang masih berupa lontar, termasuk salah satunya kehidupan agama melalui pelaksanaan Aci keagamaan pada Pura-Pura Kahyangan Tiga yang dimiliki seperti Usaba Ping dan Usaba Kedasa di Pura Puseh.

Desa Pakraman Lainnya