Project Description

Desa Pakraman Tukad Besi

Desa Purwakerti Kecamatan Abang

Banjar Adat Bias Lantang Kaler
Banjar Adat  Bias Lantang Kelod

Desa Pakraman Tukad Besi berada di wilayah perbekelan Purwa Kerthi memiliki luas wilayah ± 4,49 Km. Secara geografis Desa Tukad Besi memiliki batas-batas wilayah :

  • sebelah Utara berbatasan dengan Desa Labasari
  • sebelah Selatan berbatasan dengan Banjar Gulinten
  • sebelah Barat berbatasan dengan Desa Adat Culik
  • sebelah Timur berbatasan dengan Banjar Dinas Amed

Jumlah penduduknya mencapai ± 600 Kepala keluarga (KK) dengan warga laki-laki sejumlah 1.200 orang dan perempuan sebanyak 1.100 orang. Mata pencaharian masyarakatnya beragam sebagai petani, nelayan, peternak, wiraswasta, sopir dan pelaku pariwisata. Kondisi geografis Desa Pakraman Tukad Besi memiliki potensi dalam berbagai bidang seperti potensi pertanian dengan tanaman unggulan seperti padi, jagung dan palawija. Potensi perkebunan dengan tanaman unggulan kelapa dan mangga. Selain potensi alam tersebut, potensi wisata juga menggeliat di Desa Tukad Besi yang menawarkan nuansa lautnya sehingga dapat ditemui beberapa homestay, villa, hotel dan restouran. Masyarakat desa juga mempunyai keahlian dalam bentuk kerajinan seperti mengayam daun lontar dan mengukir.

Kehidupan adat istiadat masih tetap dijaga oleh masyarakat desa yang diatur dalam awig-awig desa tertulis terlihat dari pelaksanaan ritus/upacara yang tetap terselenggara di Pura Kahyangan Desa yang ada diwilayahnya seperti Pura Puseh, Dalem, Desa dan Bale Agung. Demikian pula pada kehidupan berkesenian serta budaya yang berkembang seperti kesenian Gender Batel, Baleganjur, Pesantian, Gong Kebyar serta tarian Rejang dan Topeng.

Desa Pakraman Lainnya