Pada Saniscara Kliwon wuku Krulut (16 Desember 2017), Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem melaksanakan upacara melaspas perangkat gamelan, tapel dan wayang. Adapun beberapa gamelan tersebut adalah : 1) seperangkat Semara Pegulingan, 2) Selonding, 3) Gender Batel, 4) Tambur, 5) Tapel Topeng, 6) Wayang Bedog melengkapi seperangkat Gong yang sudah lebih awal dimiliki.

Pada kesempatan itu hadir Wakil Bupati Karangasem beserta Ibu Sarini Artha Dipa, para kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem, Listibya, Ketua Widyasaba Kabupaten Karangasem, Seniman dan Budayawan, serta seluruh staf Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem.

Pengadaan perangkat gamelan dan kesenian lainnya adalah bertujuan untuk lebih meningkatkan pelestarian kesenian utamanya seni musik/tabuh dan juga pewayangan. Sebagai sebuah wadah pelestari budaya memang sangat penting bagi Dinas Kebudayaan memiliki aset budaya yang nantinya bisa dipergunakan pada setiap event-event seni budaya yang dilaksanakan di Karangasem. Disamping itu perangkat gamelan tersebut juga akan dimanfaatkan dalam menumbuhkan minat-minat generasi muda yang memiliki ketertarikan untuk belajar megambel.