Persiapan demi persiapan untuk menuju parade Gong Kebyar pada pelaksanaan Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018 terus digenjot. Demikian halnya dengan duta Kabupaten Karangasem dalam Parade Gong Kebyar Anak-Anak yang diwakili oleh Sekaa Gong Wismaya Suara, Banjar Dinas Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis. Latihan demi latihan terus dilaksanakan untuk menyempurnakan setiap materi yang di parade kan.

Dalam kesempatan ini Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem yang diwakili oleh Kabid Kesenian beserta staf dengan mengajak serta Tim Pembina Kabupaten meninjau dan melaksanakan penjajagan awal kesiapan Sekaa. Turut hadir pula mendampingi Sekretaris Camat Manggis yang juga sebagai Keliang Desa Pakraman Tanah Ampo.

Dari empat materi yang di parade kan, baru dua materi yang bisa ditampilkan dalam acara pembinaan tersebut, yakni pepanggulan kreasi dan tabuh legong kuntul. Meskipun tabuh-tabuh tersebut belum keseluruhan dikuasai namun masih ada waktu untuk menyempurnakannya serta menguasai dua tabuh lainnya. Yang menjadi sorotan dari pembina Kabupaten adalah Sekaa harus bekerja lebih keras lagi dengan memaksimalkan waktu latihan karena waktu terus berjalan dan materi harus dirampungkan, memupuk disiplin latihan, kekompakan dan semangat, serta pentingnya melatih teknik, irama dan dinamika tabuh. Dengan optimisme, disiplin dan latihan maka empat bulan kedepan pada ajang Parade Gong Kebyar Anak-anak Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018, Sekaa Gong Anak-Anak Wismaya Suara pasti akan bisa menampilkan pementasan yang sempurna dan bagus.