Dalam rangka menyambut event akbar Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018 yang akan berlangsung pada bulan Juni s/d Juli mendatang, Kabupaten Karangasem melalui Dinas Kebudayaan melaksanakan pembinaan awal kepada Sekaa Gong Kebyar Dewasa “Asti Langa”, Banjar Gede, Desa Subagan duta Kabupaten Karangasem (19/2). Pada pembinaan ini hadir Kepala Dinas Kebudayaan, Drs. I Putu Arnawa, S.Ag, Camat Karangasem didampingi pula oleh Sekretaris Dinas, I Wayan Witrawan, S.S Kar, Kepala Bidang Kesenian, I Gede Sukasari, S.ST, Ketua Listibya Kabupaten Karangasem, Tim Pembina yakni Ida Wayan Ngurah, I Wayan Cenik Wijana, I Ketut Nanda, Dewa Putu Rupania.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan menyampaikan pembinaan yang dilaksanakan adalah untuk memberikan semangat dan motivasi sekaa karena nantinya akan ada arahan-arahan dari Tim Pembina Kabupaten untuk menyempurnakan penampilan yang sudah bagus.

Penyampaian dari beberapa Tim Pembina pada dasarnya tabuh-tabuh yang ditampilkan sudah cukup bagus dari keempat materi sudah bisa menyelesaikan tiga materi yakni Tabuh Lelambatan, Tari Kebyar Terompong dan Tari Kreasi Baru, meskipun masih ada beberapa kekurangan dalam hal tempo yang masih agak cepat pada tabuh lelambatan tetapi tingkat kerumitan yang tinggi sudah seimbang, pukulan, kekendangan serta perlunya menonjolkan gegilakan khas Karangasem, namun masih ada waktu untuk menyempurnakannya.  Tim Pembina Kabupaten juga memberikan apresiasi kepada para penggarap-penggarap muda yang sangat berbakat yang terlibat dalam Sekaa Gong ini.