Masih dalam pelaksanaan penjajagan/pembinaan awal oleh Tim Pembina Kabupaten Karangasem kepada wakil Kabupaten Karangasem dalam lomba maupun parade Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018. Selasa (27/2) kesempatan bagi Sekaa Baleganjur “Taruna Gargita” Banjar Bale Pasar, Desa Rendang, Kecamatan Rendang yang mendapat pembinaan.

Dinas Kebudayaan bersama Tim Pembina Pesta Kesenian Bali Kabupaten Karangasem diterima oleh Bendesa Adat Rendang, Ketua pasraman, serta Sekaa Baleganjur yang sudah siap untuk dibina. Rombongan Dinas Kebudayaan dipimpin oleh Kadis Kebudayaan beserta Sekretaris Dinas, Kabid Kesenian, Kasi P3ST&PS Disbud dan Tim Pembina hadir untuk memberikan spirit moril sekaligus memberikan penyempurnaan.

Bendesa Adat Rendang menyambut baik kehadiran Dinas Kebudayaan dan Tim Pembina dan beliau berharap agar nantinya dapat diberikan tuntunan-tuntunan dalam penampilan baik dari segi tabuh, teknik dan gaya penampilan. Materi yang dilombakan masih dalam garapan jadi belum bisa untuk ditampilkan.

Catatan dan masukan Tim Pembina diantaranya gegedig dan tetikes masih harus dilatih lagi, yang perlu diperhatikan adalah aturan-aturan lomba yang sudah ditentukan oleh panitia dan kriterianya, apabila memakai properti diusahakan agar penabuh yang terlibat. Untuk garapan agar lebih dipercepat rampungnya agar penabuh memiliki lebih banyak waktu untuk berlatih. Jadwal pentas sudah ditentukan dan tidak bisa ditukar-tukar lagi yakni tanggal 18 Juni 2018.

Kadis Kebudayaan dalam arahannya, supaya garapan Baleganjur mengacu kepada Tema Pesta Kesenian Bali, Dinas Kebudayaan tetap akan memberikan apresiasi kepada Sekaa-Sekaa kesenian yang bertalenta untuk terus berkesenian sebagai ajang membangkitkan seni dan budaya Bali.