Dalam rangka mengikuti Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2018, Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem mulai mempersiapkan diri dengan melaksanakan rapat yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem (18/1/2018). Hadir pada rapat dimaksud Ketua Widyasaba Kabupaten Karangasem, Ketua Listibya kabupaten Karangasem, para pembina Utsawa Dharma Gita Kabupaten Karangasem, Camat atau yang mewakili se-Kabupaten Karangasem.

Membuka rapat Kepala Dinas Kebudayaan Drs. I Putu Arnawa, S.Ag.,M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Karangasem dikenal dengan kekayaan sastra serta seniman-seniman sastranya. Oleh karenanya Utsawa Dharma Gita menjadi salah satu kegiatan untuk pembuktian karena Karangasem sangat diperhitungkan pada ajang lomba tersebut. Beliau menekankan agar bisa selektif untuk memilih peserta yang akan mewakili Kabupaten Karangasem ke Tingkat Provinsi. Selain itu beliau juga mengharapkan para Pembina nantinya bisa maksimal memberikan pembinaan mempersiapkan anak didik yang akan berlomba supaya hasil yang diraih bisa bagus.

Ketua Widyasaba kabupaten Karangasem Ida Bagus Wayan Oka Diksa menambahkan bahwa peserta Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten tahun 2017 belum lengkap sehingga perlu dipertimbangkan pencarian dan penunjukan. Untuk juara I lomba Tingkat Kabupaten yang memang memiliki kwalitas baik agar langsung ditunjuk mewakili Karangasem. Sementara Ketua Listibya Drs. I Nyoman Putra Suarjana, M.Si menyampaikan untuk mencari peserta yang lebih baik yang belum terjaring pada lomba tahun 2017. Serta diharapkan memaksimalkan pembinaan oleh pembina di masing-masing kategori secara rutin membina baik dirumah maupun di kecamatan.

Dari rapat tersebut dihasilkan keputusan penting yakni : Juara I Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten Tahun 2017 ditetapkan menjadi wakil Kabupaten Karangasem pada Lomba Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018, terkecuali pada beberapa jenis lomba seperti Membaca Sloka Anak-anak Putra dan Putri, Membaca Sloka Pasangan Dewasa Putra, Menghafal Sloka Remaja Putra, Geguritan Anak-anak Putra dan Putri serta Dharma Wacana Anak-anak Putra dan Putri yang masih dicarikan peserta baru.