Mengawali rangkaian penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali XL Tahun 2018, Dinas Kebudayaan mengadakan rapat persiapan pada Jumat, 12 Januari 2018. Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem dengan agenda menentukan jenis kegiatan yang akan diikuti oleh Kabupaten Karangasem disesuaikan dengan anggaran Pemerintah Daerah.

Dalam rapat tersebut hadir para Keliang Sekaa Kesenian, para camat atau yang mewakili serta para seniman dan pembina. Dalam kesempatan ini Kadis Kebudayaan menekankan meskipun situasi Karangasem masih belum kondusif dikarenakan aktivitas Gunung Agung, namun kegiatan harus tetap jalan. Pesta Kesenian Bali yang merupakan agenda rutin kegiatan kesenian harus tetap dilaksanakan namun tidak semua kegiatan diikuti.

Beberapa kegiatan yang akan diikuti oleh Kabupaten Karangasem pada Pesta Kesenian Bali XL tahun 2018 adalah : Pawai Pembukaan, Parade Gong Dewasa, Parade Gong Anak-anak, Parade Gong Wanita, Lomba Tembang Girang, Lomba Baleganjur, Lomba Gender Wayang, Workshop Kewanitaan, Parade Topeng Panca, Lomba Kerajinan dan Lomba Nyastra.