Dalam rangka pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke VII tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, digelar rapat persiapan Rakernas di Jakarta 7 Februari 2019 yang dihadiri oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku Ketua Presidium JKPI, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem serta Kepala Bidang Sejarah, Cagar Budaya dan Permuseuman dengan beberapa keputusan rapat sebagai berikut :

  1. Tuan rumah penyelenggaraan Rakernas tahun 2019 adalah Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali disepakati tanggal 21 s.d 24 Juni 2019 sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Amlapura ke 379 tanggal 22 Juni 2019. Sedangkan Kabupaten Siak siap menjadi tuan rumah rakernas JKPI tahun 2020 yang disampaikan oleh Wakil Bupati Siak. Sementara tahun 2021 akan diselenggarakan di Kota Bogor.
  2. Hal-hal teknis terkait dengan pelaksanaan Rakernas agar menyesuaikan seperti penyiapan akomodasi, informasi akomodasi dan travel, penjemputan kedatangan, Banner dan Baliho, dan lainnya.
  3. Setiap kabupaten/kota peserta hendaknya bisa mengikuti pameran UMKM disamping pameran Keris dan Senjata Nusantara sebagai ajang promosi produk daerah masing-masing selam Rakernas berlangsung.
  4. Hal-hal teknis lain akan dimaksimalkan dalam pembahasan pada rapat-rapat selanjutnya.

Pada kesempatan ini Bupati Karangasem selaku Ketua Presidium menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh pengurus JKPI yang hadir saat rapat persiapan Rakernas VII serta sangat mengharapkan seluruh anggota JKPI agar bisa ikut hadir mensukseskan kegiatan Rakernas VII JKPI di Kabupaten Karangasem.