Kontingen UDG (Utsawa Dharma Gita) Karangasem targetkan menyabet juara umum di UDG Provinsi Bali dari tanggal 26 Juli-29 Juli 2018 di Art Center Denpasar.

AMLAPURA, NusaBali
Pada tahun 2016 borong 8 emas, tahun ini target naik jadi 9 emas. Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, I Putu Arnawa, optimus penugi target merebut juara umum asalkan dewan juri memberikan penilaian objektif. Kontingen Karangasem di UDG Provinsi Bali tahun 2016 merebut juara umum II dengan 8 medali emas. Harapannya bisa meraih seluruh medali emas. Tinggal menambah satu emas lagi untuk keluar sebagai juara umum,” ungkap Arnawa, Senin (23/7).

Arnawa menegaskan, target juara umum UDG tidak jadi beban. Karangasem ikut di semua nomor yakni 33 nomor hasil seleksi di UDG Karangasem 2017. Apalagi di setiap nomor ada pembina khusus, sehingga persiapan lebih optimal. Peserta UDG itu didominasi dari Kecamatan Abang, meloloskan 15 nomor. Sedangkan Kecamatan Rendang ikut di 5 nomor, Kecamatan Sidemen 4 nomor, Kecamatan Karangasem 3 nomor, Kecamatan Manggis dan Kecamatan Bebandem masing-masing 2 nomor, Kecamatan Selat dan Kecamatan Kubu masing-masing satu nomor.

Terpisah, pembina Dharma Widya (cerdas cermat) dan membaca sloka, Ida Ayu Wayan Ebayanti dan I Ketut Seken pasang 5 emas. “Kami targetkan lima emas, khusus untuk anak didik kami. Optimis menang dan telah terbiasa jadi juara,” jelas Ida Ayu Wayan Ebayanti. Persiapan secara matang telah dilakukan, tinggal menunggu puncak lomba. Secara teknis tidak ada kendala, berharap agar tidak mengalami kendala non teknis.

Ida Ayu Wayan Ebayanti juga berharap penilaian dilakukan dewan juri seobjektif mungkin. “Juri mesti netral, jangan main mata kepada salah satu kontingen,” pintanya. Para pemenang di UDG Provinsi Bali 2016 kembali jadi andalan Karangasem untuk menghafal sloka anak-anak, kidung anak-anak, membaca sloka dewasa putra, dharma wacana Bahasa Bali dewasa putri, palawakya remaja putra, dharma wacana bahasa Inggris remaja putra, dharma wacana bahasa Inggris dewasa putra, dan dharma wacana bahasa Inggris dewasa putri. *k16

sumber : nusabali.com